Sabtu, 05 Oktober 2019

Desain Pemodelan Grafik

Kali ini saya akan membahas tentang pemodelan desain grafik, tentunya yang saya bahas diataranya tentang konsep dan pengertian, elemen-elemen, teknologi dan aplikasinya.

1. Konsep dan Pengertian Desain Pemodelan Grafik

       Pemodelan desain grafik merupakan suatu proses penciptaan suatu objek baru yang menggunakan software dan melalui beberapa tahapan. Pemodelan desain grafik terdiri dari 3 suku kata, yaitu "Desain", "Pemodelan", "Grafik" dengan memiliki arti :
- Desain : Seni terapan, arsitektur dan berbagai pencapaian kreatif.
- Pemodelan : Proses pembelajaran dengan memperagakan sesuatu sebagai contoh yang dapat ditiru.
- Grafik : Kumpulan data dari beberapa table yang disajikan atau ditampilkan daklam bentuk gambar.
- Desain Grafik : Seni dalam berkomunikasi menggunakan tulisan, gambar dan ruang.

2. Element - Element  Desain Pemodelan Grafik

        Element pada desain pemodelan grafik terdiri dari beberapa prinsip dan unsur.

Prinsip - prinsipnya diantara lain :
1. Kesederhanaan : Hal ini sangat logis demi kepentingan kemudahan pembaca memahami isi pesan yang disampaikan.
2. Keseimbangan : Keadaan atau kesamaan antara kekuatan yang saling berhadapan dan menimbulkan adanya kesan seimbang secara visual.
3. Kesatuan : Kohesi, konsistensi, ketunggalan atau keutuhan, yang merupakan isi pokok dari komposisi.
4. Penekanan (Aksentuasi) : Untuk menarik perhatian pembaca, sehingga ia mau melihat dan membaca bagian desain yang dimaksud.
5. Irama (Repetisi) : Irama merupakan pengulangan unsur-unsur pendukung karya seni. Irama merupakan selisih antaradua wujud yang terletak pada ruang, serupa dengan interval waktu antara dua nada musik beruntun yang sama.
6. Proporsi (Proportion) : Proporsi termasuk prinsip dasar tata rupa untuk memperoleh keserasian. Untuk memperoleh keserasian dalam sebuah karya diperlukan perbandingan - perbandingan yang tepat.


Unsur -unsurnya diatara lain :
1. Garis (Line) : Unsur desain yang menghubungkan antara satu titik poin dengan titik poin  yang lain sehingga bisa berbentuk gambar garis lengkung (curve) atau lurus (straight).
2. Bentuk (Shape) :  Bentuk adalah segala hal yang memiliki diameter tinggi dan lebar. Bentuk dasar yang dikenal orang adalah kotak (rectangle), lingkaran (circle), dan segitiga (triangle).
3. Tekstur (Texture) : Tampilan permukaan (corak) dari suatu benda yang dapat dinilai dengan cara dilihat atau diraba.
4. Ruang (Space) : Ruang merupakan jarak antara suatu bentuk dengan bentuk lainnya, pada praktek desain dapat dijadikan unsur untuk memberi efek estetika desain dan dinamika desain grafis.
5. Ukuran (Size) : Unsur lain dalam desain yang mendefinisikan besar kecilnya suatu obyek. Dengan menggunakan unsur ini anda dapat menciptakan kontras dan penekanan (emphasis) pada obyek desain anda sehingga orang akan tahu mana yang akan dilihat atau dibaca terlebih dahulu.
6. Warna :  Warna merupakan unsur penting dalam obyek desain. Karena dengan warna orang bisa menampilkan identitas, menyampaikan pesan atau membedakan sifat dari bentuk-bentuk bentuk visual secara jelas.

3. Teknologi yang menggunakan Desain Pemodelan Grafik

       Ada beberapa perangkat lunak yang sering digunakan untuk desain pemodelan grafik diantaranya  :
 a. Adobe Photoshop
 b. Adobe Illustrator
 c. CorelDraw
 d. Paint
 e. Gimp

4. Aplikasi Desain grafis berbasis Website

        Selain dari perangkan lunak, desain pemodelan bisa melalui web diantaranya :
 a. Figma
 b. Gravit
 c. Vect
 d. BoxySVG

Sumber :
http://tipskompunet.blogspot.com/2015/10/pengertian-desain-dan-pemodelan-grafik.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Desain
http://kumpulanilmukesahatan.blogspot.com/2015/05/pengertian-pemodelan-modeling-dan.html
http://www.markijar.com/2018/07/pengertian-grafik-lengkap-contoh-jenis.html
https://www.academia.edu/11097842/DESAIN_PEMODELAN_GRAFIS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar