Jumat, 30 November 2018

3.2 Sebutkan dan jelaskan platform aplikasi untuk mengembangkan atau membuat video game, serta bahasa pemrograman apa yang digunakan !

Platform adalah istilah dalam teknologi informasi mengenai sebuah perangkat lunak (software) yang dapat digunakan di beberapa sistem operasi yang berbeda (Microsoft Windows, Linux, Mac OS, BSD dan lain sebagainya). Dan untuk mengembangkan atau membuat video game ada beberapa platform serta bahasa pemrogramannya yaitu :

1. Unity
      Unity adalah sebuah software pembuat game yang bersifat multiplatform, unity ini sering disebut-sebut sebagai Unity3D karena dulunya Unity hanya dikhususkan untuk membuat game 3D saja tetapi setelah Unity meluncurkan versi 4.3 keatas Unity, sudah bisa membuat game yang berbasis 2D. Unity sendiri menggunakan 2 bahasa pemrogramman yang bisa anda pilih yaitu C# dan Javascript.

2. Cocos2D
      Cocos2D merupakan software pembuat game/game engine yang bersifat opensource. Cocos2D ini memiliki beberapa varian jenis, seperti Cocos2D, Cocos2D-X, Cocos2D-JS, Cocos2D-XNA, dan Cocos2D-Swift. Sesuai dengan namanya cocos2D ini bisa membuat game dengan basis 2D. Bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat game menggunakan Cocos2D ini sangat bervariasi tergantung versi apa yang kita pakai. Cocos2D adalah awal dari semua varian Cocos2D dan menggunakan bahasa Python, Cocos2D-X adalah versi terakhir dari varian Cocos2D dan Cocos2D-X ini memiliki lebih banyak fitur dari versi sebelumnya, bahasa yang digunakan Cocos2D-X adalah C++, Javascript, Lua. Sedangkan untuk anda yang mahir dalam Javascript anda bisa mencoba versi Cocos2D-JS, pengguna C# bisa mencoba Cocos2D-XNA.

3. RPG Maker
      RPG Maker ini adalah software yang dikhususkan untuk membuat sebuah game RPG(Role Playing Game) dimana kita memainkan sebuah karakter dalam menyelesaikan petualangannya, petualangannya pun tidak sembarang petualangan biasa tetapi dalam game RPG kita bisa menyelesaikan berbagai macam quest-quest, upgrade skill, dan melawan boss. Bahasa pemrograman yang dipakainya yaitu java. 

4. Construct 2
        Construct 2 merupakan sebuah software pembuat game/game enginnering yang menggunakan bahasa HTML 5, software ini dikhususkan untuk game 2D yang dikembangkan oleh Scirra.




Sumber : https://ngelmutekno.blogspot.com/2016/06/10-software-pembuat-game-terbaik.html
     
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar