Jumat, 11 Januari 2019

4.5 Jelaskan solusi untuk mengurangi kesenjangan digital !

1. Membentuk tim khusus dalam memajukan TIK di Indonesia.
Dengan membentuk tim khusus untuk pergi ke daerah dan memberikan materi edukasi TIK kepada masyarakat secara berkala dapat menjadi suatu inovasi. Perlu dipastikan, tim ini memiliki riset yang mendalam sebelum mengunjungi daerah yang membutuhkan edukasi TIK, agar masyarakat dapat dengan mudah mendapat edukasi yang benar.
2. Melakukan Pengembangan Aplikasi & Perluasan Server.
Aplikasi yang sudah ada sebaiknya dikembangkan dan dibuat menjadi lebih mudah dengan menggunakan materi yang sederhana seperti video singkat sehingga dapat dimengerti oleh masyarakat. Perluasan server sangat penting untuk menjangkau daerah yang kurang tersentuh oleh internet, setidaknya ada kemajuan yang signifikan di teknologi TIK.
3. Pembangunan tempat sarana dan edukasi TIK secara bertahap.
Jika ingin melakukan sebuah edukasi secara langsung, pemerintah perlu membuat tempat yang cukup memadai. Ini bisa dimulai dengan tempat yang tidak terlalu besar sehingga sesuai dengan kondisi dan situasi yang ada di daerah tersebut. Yang terpenting adalah kualitas dari edukasi tersebut sehingga masyarakat akan memiliki kesadaran untuk maju dan berkembang di era digital dan mengejar ketertinggalan yang ada.

Sumber : http://mudakreatif.com/kesenjangan-digital-apa-solusinya/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar