1. Membentuk tim khusus dalam memajukan TIK di Indonesia.
Dengan membentuk tim khusus untuk pergi ke daerah dan memberikan materi
edukasi TIK kepada masyarakat secara berkala dapat menjadi suatu
inovasi. Perlu dipastikan, tim ini memiliki riset yang mendalam sebelum
mengunjungi daerah yang membutuhkan edukasi TIK, agar masyarakat dapat
dengan mudah mendapat edukasi yang benar.
2. Melakukan Pengembangan Aplikasi & Perluasan Server.
Aplikasi yang sudah ada sebaiknya dikembangkan dan dibuat menjadi lebih
mudah dengan menggunakan materi yang sederhana seperti video singkat
sehingga dapat dimengerti oleh masyarakat. Perluasan server sangat
penting untuk menjangkau daerah yang kurang tersentuh oleh internet,
setidaknya ada kemajuan yang signifikan di teknologi TIK.
3. Pembangunan tempat sarana dan edukasi TIK secara bertahap.
Jika ingin melakukan sebuah edukasi secara langsung, pemerintah perlu
membuat tempat yang cukup memadai. Ini bisa dimulai dengan tempat yang
tidak terlalu besar sehingga sesuai dengan kondisi dan situasi yang ada
di daerah tersebut. Yang terpenting adalah kualitas dari edukasi
tersebut sehingga masyarakat akan memiliki kesadaran untuk maju dan
berkembang di era digital dan mengejar ketertinggalan yang ada.
Sumber : http://mudakreatif.com/kesenjangan-digital-apa-solusinya/
Jumat, 11 Januari 2019
4.4 Sebutkan dampak positif dan negatif dari kesenjangan digital !
DAMPAK POSITIF
Dampak positif kesenjangan digital bagi sebagian orang yang belum mengenal atau menerapkan teknologi adalah masyarakat dapat termotifasi untuk ikut ambil bagian dalam peningkatan teknologi informasi,
Teknologi informasi merupakan teknologi masa kini yang dapat menyatukan atau menggabungkan berbagai informasi, data dan sumber untuk dimanfaatkan sebagai ilmu bagi kegunaan seluruh umat manusia melalui penggunaan berbagai media dan peralatan telekomunikasi modern. Dengan menggunakan berbagai media, peralatan telekomunikasi dan computer canggih, Teknologi Informasi akan terus berkembang dan mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan dan peradaban umat manusia di seluruh dunia. Kemajuan peradaban manusia di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi pada abad informasi ini telah memudahkan manusia berkomunikasi antara satu dengan lainnya.
Kemajuan
Teknologi Informasi itu terlahir dari sebuah kemajuan zaman, bahkan
mungkin ada yang menolak anggapan, semakin tinggi tingkat kemajuan yang
ada, semakin tinggi pula tingkat kriminalitas yang terjadi. Kehadiran
internet ditengah masyarakat menimbulkan dampak positif dan Negatif,
ibarat sebilah pisau, tergantung pemakainnya. Bila digunakan untuk
hal-hal yang benar dan bermanfaat akan sangat membantu menyelesaikan
pekerjaan, tetapi jika jatuh ditangan orang jahat akan membahayakan
orang lain. Misalnya ; Pembobolan Kartu Kredit,
pembobolan kartu kredit (Credit Card Fraud) dengan modus mencuri dan
memalsukan kartu kredit. Perbuatan ini menimbulkan kerugian pada pemilik
kartu Bank penerbit bahkan merugikan Negara.
Sumber : http://kesenjanganduniadigital.blogspot.com/2009/07/dampak-negatif-kesenjangan-digital.html
Dampak positif kesenjangan digital bagi sebagian orang yang belum mengenal atau menerapkan teknologi adalah masyarakat dapat termotifasi untuk ikut ambil bagian dalam peningkatan teknologi informasi,
Teknologi informasi merupakan teknologi masa kini yang dapat menyatukan atau menggabungkan berbagai informasi, data dan sumber untuk dimanfaatkan sebagai ilmu bagi kegunaan seluruh umat manusia melalui penggunaan berbagai media dan peralatan telekomunikasi modern. Dengan menggunakan berbagai media, peralatan telekomunikasi dan computer canggih, Teknologi Informasi akan terus berkembang dan mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan dan peradaban umat manusia di seluruh dunia. Kemajuan peradaban manusia di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi pada abad informasi ini telah memudahkan manusia berkomunikasi antara satu dengan lainnya.
DAMPAK NEGATIF
Dampak negatif kesenjangan digital adalah bagi
mereka yang mampu menghasilkan teknologi dan sekaligus memanfaatkan
teknologi memiliki peluang lebih besar untuk mengelola sumber daya
ekonomi, sementara yang tidak memiliki teknologi harus puas sebagai
penonton saja. Akibatnya yang kaya semakin kaya dan yang miskin tetap
miskin.
Sumber : http://kesenjanganduniadigital.blogspot.com/2009/07/dampak-negatif-kesenjangan-digital.html
4.3 Jelaskan dan berikan contoh tentang ruang publik digital internet dan ponsel !
Teknologi
merupakan suatu perubahan budaya dikalangan masyarakat yang bisa
dibilang cukup pesat. Contohnya saja, dahulu ketika ingin berkomunikasi
harus menggunakan surat sebagai penyampai pesan, namun sekarang hanya
dengan SMS ataupun aplikasi pesan kita dengan mudah bisa mengirim pesan.
Hal ini tentu menjadi pilihan utama bagi masyarakat milenial, dengan
adanya teknologi ini bisa mempermudah interaksi antara orang yang satu
dan yang lain.
Namun terdapat dampak negatif dengan kemajuan teknologi ini, yaitu
menjadikan kita orang-orang yang konsumtif dalam berbagai hal. Contohnya
jika anda berbelanja sesuatu, saat ini anda tinggal duduk manis sambal
memilih item yang ingin anda beli cukup dengan menggunakan smartphone
sebagai penyedia aplikasi belanja tersebut. Berbeda halnya dengan jaman
dahulu, dimana jika kita ingin membeli sesuatu harus pergi ke toko atau
pasar tertentu untuk mendapatkan barang yang kita inginkan. Nah, sifat
konsumtif inilah yang harus dibatasi, karena jika dibiarkan terus
menerus akan membentuk karakter yang malas.
4.2 Jelaskan dan berikan contoh tentang ruang publik tradisional !
Pada umunya, ruang publik merupakan suatu ruang terbuka yang dapat
mendukung kebutuhan manusia akan tempat-tempat berkumpul dan wadah untuk
berinteraksi dengan manusia dalam melakukan aktivitas bersama.
Menurut Rustam Hakim (1987), ruang publik merupakan suatau wadah
yang dapat menampung aktivitas tertentu dari masyarakatnya, baik secara
individu maupun secara kelompok, dimana bentuk ruang publik ini sangat
tergantung pada pola dan susunan massa bangunan.
Contoh ruang publik : Gotong royong, Taman rekreasi, Pasar
Sumber : http://bellachintyabella.blogspot.com/2019/01/42-jelaskan-dan-berikan-contoh-tentang.html
mendukung kebutuhan manusia akan tempat-tempat berkumpul dan wadah untuk
berinteraksi dengan manusia dalam melakukan aktivitas bersama.
Menurut Rustam Hakim (1987), ruang publik merupakan suatau wadah
yang dapat menampung aktivitas tertentu dari masyarakatnya, baik secara
individu maupun secara kelompok, dimana bentuk ruang publik ini sangat
tergantung pada pola dan susunan massa bangunan.
Contoh ruang publik : Gotong royong, Taman rekreasi, Pasar
Sumber : http://bellachintyabella.blogspot.com/2019/01/42-jelaskan-dan-berikan-contoh-tentang.html
4.1 Apa yang anda ketahui tentang demokrasi digital ?
Demokrasi digital adalah
aktivitas politik yang menggunakan saluran digital, terutama web 2.0,
sebagai bentuk partisipasi politik atau penggalangan dukungan publik
(Wilhem, 2003).
Demokrasi digital memiliki beberapa sifat
di antaranya adalah: sifatnya yang interaktif; proses interaktif
mengandaikan adanya komunikasi yang bersifat resiprokalitas, semua
warga negara bisa berdialog secara interaktif.
Lalu lewat demokrasi digital juga dijamin
Kebebasan berbicara; sehingga pengguna internet atau teknologi
informasi dapat mengekspresikan dirinya tanpa kontrol yang signifikan
dari penguasa. Setiap warga negara misalnya bisa secara diskursif
mengetengahkan gagasan-gagasannya yang paling gila sekalipun. Selain itu
terbentuknya komunitas virtual yang peduli terhadap kepentingan publik
dan komunikasi global yang tidak terbatas pada satu negara-bangsa.
Lewat demokrasi digital juga informasi atau kajian politik dapat
diproduksi secara bebas dan disebarkan ke ruang publik virtual untuk
diuji.
Grossman menulis tentang sinergi antara media (web 2.0) dan demokrasi yang mewujud dalam demokrasi digital (digital democracy).
Grossman menulis tentang sinergi antara media (web 2.0) dan demokrasi yang mewujud dalam demokrasi digital (digital democracy).
Sumber : https://fitriafrilinda.wordpress.com/2011/01/11/demokrasi-digital/
Jumat, 30 November 2018
3.4 Aplikasi atau software apa yang anda ketahui untuk memproduksi musik digital !
Berikut ini 5 aplikasi untuk memproduksi musik digital :
1. FL Studio
FL Studio menawarkan antarmuka yang intuitif, workflow yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan, serta koneksi controller yang lengkap.
2. Ableton Live
Untuk menciptakan dan merekam musik di studio, aplikasi ini juga didukung dengan puluhan library audio berukuran sekitar 50 GB.
3. Apple Logic Pro
Apple Logic Pro merupakan salah satu aplikasi yang sangat populer untuk membuat musik digital. Library audio yang sangat lengkap juga akan memudahkan Anda dalam berkarya. Untuk sebuah aplikasi profesional, Logic Pro termasuk yang paling mudah untuk dipelajari dan digunakan dalam produksi audio.
4. Steinberg Cubase
Aplikasi ini merupakan kombinasi yang seimbang untuk keperluan pembuatan musik berbasis MIDI dengan perekaman audio. Fitur-fitur pengolahan struktur MIDI yang disediakan terbilang paling lengkap dan powerful. Dan Anda dapat mengkombinasikannya dengan audio hasil rekaman menggunakan perangkat eksternal yang terhubung.
5. Avid Pro Tools
Pro Tools sudah sejak lama menjadi standar industri dalam produksi audio di kalangan profesional. Kelengkapan fitur hingga built-in effects yang dimilikinya memberikan solusi terbaik untuk beragam kebutuhan produksi audio termasuk dalam hal membuat musik digital. Aplikasi ini cocok untuk Anda yang ingin serius dalam menekuni industri audio digital.
1. FL Studio
FL Studio menawarkan antarmuka yang intuitif, workflow yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan, serta koneksi controller yang lengkap.
2. Ableton Live
Untuk menciptakan dan merekam musik di studio, aplikasi ini juga didukung dengan puluhan library audio berukuran sekitar 50 GB.
3. Apple Logic Pro
Apple Logic Pro merupakan salah satu aplikasi yang sangat populer untuk membuat musik digital. Library audio yang sangat lengkap juga akan memudahkan Anda dalam berkarya. Untuk sebuah aplikasi profesional, Logic Pro termasuk yang paling mudah untuk dipelajari dan digunakan dalam produksi audio.
4. Steinberg Cubase
Aplikasi ini merupakan kombinasi yang seimbang untuk keperluan pembuatan musik berbasis MIDI dengan perekaman audio. Fitur-fitur pengolahan struktur MIDI yang disediakan terbilang paling lengkap dan powerful. Dan Anda dapat mengkombinasikannya dengan audio hasil rekaman menggunakan perangkat eksternal yang terhubung.
5. Avid Pro Tools
Pro Tools sudah sejak lama menjadi standar industri dalam produksi audio di kalangan profesional. Kelengkapan fitur hingga built-in effects yang dimilikinya memberikan solusi terbaik untuk beragam kebutuhan produksi audio termasuk dalam hal membuat musik digital. Aplikasi ini cocok untuk Anda yang ingin serius dalam menekuni industri audio digital.
3.3 Sebutkan dan jelaskan bagaimana langkah-langkah produksi musik digital dan distribusi produk digital !
Proses Produksi.
Dalam membuat suatu musik digital, langkah-langkah atau proses produksi yang harus dilakukan yaitu sebagai berikut:
Proses editing anatara lain:
-Tuning suara vocal, bass, atau instrumen melodis lain yang fals.
-Memperbaiki beat drum yang tidak tepat, atau instrumen lain yang meleset dari tempo
-Membuang bagian-bagian track yang kosong
-Dan perbaikan-perbaikan lainnya.
Proses Distribusi
Proses distribusi musik digital melibatkan proses control, create, market, dan maintain business rules dari setiap materi digital. Salah satu istilah yang muncul kemudian adalah content management, yaitu suatu mekanisme untuk menyimpan materi digital serta control untuk search, browsing, access, dan retrieval oleh users baik secara individu, kelompok atau institusi/perusahaan.
Sumber :
https://rianitagiovanni.wordpress.com/2015/12/11/digital-music-3/
https://id.wikipedia.org/wiki/Perkembangan_Musik_Digital
https://inhimproduction.wordpress.com/2013/01/08/proses-produksi-musik/
https://randysanasini.wordpress.com/tag/digital-music/
Dalam membuat suatu musik digital, langkah-langkah atau proses produksi yang harus dilakukan yaitu sebagai berikut:
- Membentuk Konsep
- Mempersiapkan Materi
- Aransemen
- Tracking/Recording
- Editing
Proses editing anatara lain:
-Tuning suara vocal, bass, atau instrumen melodis lain yang fals.
-Memperbaiki beat drum yang tidak tepat, atau instrumen lain yang meleset dari tempo
-Membuang bagian-bagian track yang kosong
-Dan perbaikan-perbaikan lainnya.
- Mixing
Proses Distribusi
Proses distribusi musik digital melibatkan proses control, create, market, dan maintain business rules dari setiap materi digital. Salah satu istilah yang muncul kemudian adalah content management, yaitu suatu mekanisme untuk menyimpan materi digital serta control untuk search, browsing, access, dan retrieval oleh users baik secara individu, kelompok atau institusi/perusahaan.
Sumber :
https://rianitagiovanni.wordpress.com/2015/12/11/digital-music-3/
https://id.wikipedia.org/wiki/Perkembangan_Musik_Digital
https://inhimproduction.wordpress.com/2013/01/08/proses-produksi-musik/
https://randysanasini.wordpress.com/tag/digital-music/
3.2 Sebutkan dan jelaskan platform aplikasi untuk mengembangkan atau membuat video game, serta bahasa pemrograman apa yang digunakan !
Platform adalah istilah dalam teknologi informasi mengenai sebuah
perangkat lunak (software) yang dapat digunakan di beberapa sistem
operasi yang berbeda (Microsoft Windows, Linux, Mac OS, BSD dan lain
sebagainya). Dan untuk mengembangkan atau membuat video game ada beberapa platform serta bahasa pemrogramannya yaitu :
1. Unity
Unity adalah sebuah software pembuat game yang bersifat multiplatform, unity ini sering disebut-sebut sebagai Unity3D karena dulunya Unity hanya dikhususkan untuk membuat game 3D saja tetapi setelah Unity meluncurkan versi 4.3 keatas Unity, sudah bisa membuat game yang berbasis 2D. Unity sendiri menggunakan 2 bahasa pemrogramman yang bisa anda pilih yaitu C# dan Javascript.
2. Cocos2D
Cocos2D merupakan software pembuat game/game engine yang bersifat opensource. Cocos2D ini memiliki beberapa varian jenis, seperti Cocos2D, Cocos2D-X, Cocos2D-JS, Cocos2D-XNA, dan Cocos2D-Swift. Sesuai dengan namanya cocos2D ini bisa membuat game dengan basis 2D. Bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat game menggunakan Cocos2D ini sangat bervariasi tergantung versi apa yang kita pakai. Cocos2D adalah awal dari semua varian Cocos2D dan menggunakan bahasa Python, Cocos2D-X adalah versi terakhir dari varian Cocos2D dan Cocos2D-X ini memiliki lebih banyak fitur dari versi sebelumnya, bahasa yang digunakan Cocos2D-X adalah C++, Javascript, Lua. Sedangkan untuk anda yang mahir dalam Javascript anda bisa mencoba versi Cocos2D-JS, pengguna C# bisa mencoba Cocos2D-XNA.
3. RPG Maker
RPG Maker ini adalah software yang dikhususkan untuk membuat sebuah game RPG(Role Playing Game) dimana kita memainkan sebuah karakter dalam menyelesaikan petualangannya, petualangannya pun tidak sembarang petualangan biasa tetapi dalam game RPG kita bisa menyelesaikan berbagai macam quest-quest, upgrade skill, dan melawan boss. Bahasa pemrograman yang dipakainya yaitu java.
4. Construct 2
Construct 2 merupakan sebuah software pembuat game/game enginnering yang menggunakan bahasa HTML 5, software ini dikhususkan untuk game 2D yang dikembangkan oleh Scirra.
Sumber : https://ngelmutekno.blogspot.com/2016/06/10-software-pembuat-game-terbaik.html
1. Unity
Unity adalah sebuah software pembuat game yang bersifat multiplatform, unity ini sering disebut-sebut sebagai Unity3D karena dulunya Unity hanya dikhususkan untuk membuat game 3D saja tetapi setelah Unity meluncurkan versi 4.3 keatas Unity, sudah bisa membuat game yang berbasis 2D. Unity sendiri menggunakan 2 bahasa pemrogramman yang bisa anda pilih yaitu C# dan Javascript.
2. Cocos2D
Cocos2D merupakan software pembuat game/game engine yang bersifat opensource. Cocos2D ini memiliki beberapa varian jenis, seperti Cocos2D, Cocos2D-X, Cocos2D-JS, Cocos2D-XNA, dan Cocos2D-Swift. Sesuai dengan namanya cocos2D ini bisa membuat game dengan basis 2D. Bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat game menggunakan Cocos2D ini sangat bervariasi tergantung versi apa yang kita pakai. Cocos2D adalah awal dari semua varian Cocos2D dan menggunakan bahasa Python, Cocos2D-X adalah versi terakhir dari varian Cocos2D dan Cocos2D-X ini memiliki lebih banyak fitur dari versi sebelumnya, bahasa yang digunakan Cocos2D-X adalah C++, Javascript, Lua. Sedangkan untuk anda yang mahir dalam Javascript anda bisa mencoba versi Cocos2D-JS, pengguna C# bisa mencoba Cocos2D-XNA.
3. RPG Maker
RPG Maker ini adalah software yang dikhususkan untuk membuat sebuah game RPG(Role Playing Game) dimana kita memainkan sebuah karakter dalam menyelesaikan petualangannya, petualangannya pun tidak sembarang petualangan biasa tetapi dalam game RPG kita bisa menyelesaikan berbagai macam quest-quest, upgrade skill, dan melawan boss. Bahasa pemrograman yang dipakainya yaitu java.
4. Construct 2
Construct 2 merupakan sebuah software pembuat game/game enginnering yang menggunakan bahasa HTML 5, software ini dikhususkan untuk game 2D yang dikembangkan oleh Scirra.
Sumber : https://ngelmutekno.blogspot.com/2016/06/10-software-pembuat-game-terbaik.html
3.1 Jelaskan apa yang anda ketahui tentang video games dan berikan contoh video game yang anda sukai !
Video game adalah permainan yang menggunakan interaksi dengan antarmuka
pengguna melalui gambar yang dihasilkan oleh piranti video. Permainan
video umumnya menyediakan sistem penghargaan misalnya skor yang
dihitung berdasarkan tingkat keberhasilan yang dicapai dalam
menyelesaikan tugas-tugas yang ada di dalam permainan.
Video game yang saya sukai adalah PUBGM, Mobile Legend dan Fortnite
Video game yang saya sukai adalah PUBGM, Mobile Legend dan Fortnite
Jumat, 16 November 2018
2.7 Jelaskan tentang teknik pembuatan naskah film digital !
1. Ide cerita
Cerita tidak akan tercipta tanpa sebuah ide. Ide cerita yang ada dalam imajinasimu sebaiknya langsung tuangkan dalam bentuk tulisan. Contoh ide cerita misalnya tentang sepasang kekasih yang sama-sama selingkuh karena tidak puas dengan pasangannya.
2. Merumuskan naskah
Dalam langkah kedua ini, kamu harus membuat kerangka dari ide cerita yang sudah kamu dapatkan. Kerangka nantinya akan membantumu memetakan jalan cerita agar ceritamu tidak ‘glambyar’.
3. Menyusun Plot
Penyusunan plot yang merupakan alur cerita sangat diperlukan dalam menulis naskah film. Struktur plot pada umunya terdiri dari 3 (tiga) babak yaitu set up atau awal konflik, confrontation atau komplikasi masalah, dan resolution atau penyelesaian masalah.
4. Setting dan Penokohan
Menentukan setting sebuah film harus kamu lakukan secara detail, agar mempermudah proses syuting (peralatan menggambil gambar). Begitu juga dalam penokohan, jelaskan secara rinci karakter setiap tokoh yang ada dalam ceritamu.
5. Sasaran
Penting bagimu untuk menentukan segmentasi dari film yang akan dibuat. Apakah film ini ditujukan untuk anak-anak, dewasa, keluarga, atau remaja.
6. Pesan
Film yang baik adalah film yang memberikan sebuah pesan moral bagi yang menontonnya.
Setelah melalui enam tahapan diatas, kamu juga harus memperhatikan bagian-bagian yang ada dalam naskah film. Suatu naskah film terdiri dari enam bagian, yaitu:
Cerita tidak akan tercipta tanpa sebuah ide. Ide cerita yang ada dalam imajinasimu sebaiknya langsung tuangkan dalam bentuk tulisan. Contoh ide cerita misalnya tentang sepasang kekasih yang sama-sama selingkuh karena tidak puas dengan pasangannya.
2. Merumuskan naskah
Dalam langkah kedua ini, kamu harus membuat kerangka dari ide cerita yang sudah kamu dapatkan. Kerangka nantinya akan membantumu memetakan jalan cerita agar ceritamu tidak ‘glambyar’.
3. Menyusun Plot
Penyusunan plot yang merupakan alur cerita sangat diperlukan dalam menulis naskah film. Struktur plot pada umunya terdiri dari 3 (tiga) babak yaitu set up atau awal konflik, confrontation atau komplikasi masalah, dan resolution atau penyelesaian masalah.
4. Setting dan Penokohan
Menentukan setting sebuah film harus kamu lakukan secara detail, agar mempermudah proses syuting (peralatan menggambil gambar). Begitu juga dalam penokohan, jelaskan secara rinci karakter setiap tokoh yang ada dalam ceritamu.
5. Sasaran
Penting bagimu untuk menentukan segmentasi dari film yang akan dibuat. Apakah film ini ditujukan untuk anak-anak, dewasa, keluarga, atau remaja.
6. Pesan
Film yang baik adalah film yang memberikan sebuah pesan moral bagi yang menontonnya.
Setelah melalui enam tahapan diatas, kamu juga harus memperhatikan bagian-bagian yang ada dalam naskah film. Suatu naskah film terdiri dari enam bagian, yaitu:
- Title Page, adalah judul yang akan dijadikan pedoman pertama bagi seorang produser untuk menilai apakah pembuat naskah itu seorang profesional atau hanya amatiran.
- Scene Heading, merupakan sebuah petunjuk dimulainya suatu naskah. Kata yang digunakan yaitu “EXT. — ” (cerita berlangsung di luar ruangan) dan “INT. — (cerita berlangsung di dalam ruangan). Kemudian diikuti nama sebuah tempat yang harus ditulis dengan huruf kapital.
- Action, biasanya ditulis 2 baris dibawah Scene Heading. Action adalah gambaran yang menceritakan apapun yang akan terlihat dalam adegan film dan selalu pada keadaan sekarang ( Present Time ).
- Dialogue, merupakan segala sesuatu yang dibicarakan oleh tokoh atau karakter.
- Parenthetical, adalah keterangan yang menjelaskan segala sesuatu yang dilakukan oleh karakter atau tokoh.
- Transition, sebuah deskripsi pendek untuk menjelaskan bahwa cerita berpindah dari scene ke scene lain. Diantaranya adalah: CUT TO, DISSOLVE TO, INTERCUT WITH atau INTERCUT BETWEEN. Sedangkan pada akhir cerita biasanya FADE OUT, IRIS OUT, dll.
Langganan:
Postingan (Atom)